dita's Blog

Nasi Bambu

Posted on: November 17, 2012

Nasi bambu, iye nasi yang dimasak pake bambu. Emm.. jadi beras dimasukkin ke dalem bambu trus dibakar deh, ya kira-kira begitulah proses nya. Nah, tadi pagi tuh abis liat kilasan tentang nasi bambu inuyu, di Topik Pagi AnTV (kalo gak salah nama acaranya itu). Nasi bambu inuyu ini asli dari Poso, Sulteng.
Inget nasi bambu, ingetlah perjuangan temen-temen pramuka beberapa taun silam, haha..

Jadi ya, gw dan beberapa temen pramuka pas jamannya SMA, ngewakilin sekolah buat ikut lomba Tapak Penegak di Karang Kitri. Kita dibagi jadi empat sangga (kelompok). Dua sangga putra dan dua sangga putri. Sebelum hari H, kita latihan ini itu buat persiapan lomba. Mulai dari pbb, morse, semaphore, pokoknya semua yang berbau pramuka kita santap sampe h-1. Berhubung ada lomba bikin nasi bambu, latihan pulalah kita semua bikin nasi bambu, nasi bambu, inget yaaaa..

Semua latihan lancar, sampailah di hari H..
Pagi-pagi buta udah standby di sekolah. Capcus lah langsung ke delta mas, start nya lomba Tapak Penegak. Entah upacara atau sekedar apel, seselesainya, lomba pun dimulai.

Dari pos ke pos kita berjuang, dari pertanyaan ini, soal itu, kasus ini, jawab itu. Dari lapangan yang luas, yang nanjak, turunan, sawah nan kering kerontang, sungai surut, kanan kiri pohon, hutan, dan yang paling penting, panasnya, itu sumpaaah, panas terkeren selama gw tinggal bekasi, bikin gw gak dikenal pas pulang kerumah..
kulit jadi kelam nan legam _-_
*bahasa apa itu?*

Pos terakhir udah bentar lagi, pos nya si nasi bambu. Sepanjang jalan kita udah nyari-nyari daun jati, dipake buat alas si nasi bambu alias piring-piringan. Loncat sana sini, buat dapetin itu daun jati, tingginya ranting-ranting jati 😐

Lapor sama panitia di pos terakhir. Dimulailah perjuangan bikin nasi bambu. Semua peralatan dikeluarin. Dari beras yang udah direndem pake santen, dikasih bumbu pula, dan bambu tentunya. Kalo gak salah satu sangga ada 5 orang (dan gw lupa siapa aja yang satu sangga sama gw, maap). Seinget gw ririn sama ade kelas gw (dan lagi2 namanya lupa) bikin kompor-komporannya. Gw dan yang laen nyari ranting kering. Gw kumpulin deh ranting-ranting itu dan gw taro di antara kompor buatan. Api udah dinyalain, nasi bambu juga udah ditaro diantara ranting-ranting itu, niatnya gw mau nyari ranting lagi, pas gw nengok ke arah kompor, apinya udah hampir setinggi gw aja gitu. Yang laen berusaha payah buat nenangin itu kompor. Gw dengan muka polos gw, berusaha gak ikut-ikutan, dan kepikiran buat nyelesein tugas terakhir, yaitu bikin jalur peta yang udah kita lewatin.
Iya, lebih baik gw bikin peta ajaa..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kalender

November 2012
S S R K J S M
« Jun   Mei »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Universitas Gunadarma

RSS Berita Gunadarma

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Twiwiiit

Goodreads

%d blogger menyukai ini: