dita's Blog

Tentang Penguin

Posted on: Mei 18, 2012

Abis nonton acara Rangking1 di Trans TV tadi pagi, salah satu soalnya ngebahas tentang pinguiiiin, pinguin atau penguin sih sebenernya??hihihihiii..
Lucu abis liat cuplikan video tentang pinguinnya. Pengen tau beberapa fakta seputar penguin?? cek dan ricek di bawah ini yaaaa…

1. Penguin atau pinguin (ordo Sphenisciformes, famili Spheniscidae) adalah hewan akuatik jenis burung yang tidak bisa terbang dan secara umum hidup di belahan Bumi selatan. (Kalo di belahan bumi utara biasanya dihuni oleh beruang)

2. Di seluruh dunia terdapat 16 spesies penguin tergantung pada apakah dua spesies Eudyptula dihitung juga sebagai spesies. Walaupun seluruh jenis penguin awalnya berasal dari belahan bumi selatan, namun penguin tidak hanya ditemukan di daerah dingin atau di Antartika saja. Terdapat tiga spesies penguin yang hidup di daerah tropis. Salah satu spesies hidup di Kepulauan Galapagos (Penguin Galapagos) dan biasanya menyeberangi garis khatulistiwa untuk mencari makan.

3. Spesies penguin terbesar adalah Penguin Kaisar (Aptenodytes forsteri) dengan tinggi mencapai 1,1 meter dan berat 35 kilogram atau lebih.
Spesies penguin terkecil adalah Penguin Peri (Eudyptula Minor) dengan tinggi sekitar 40 cm dan berat satu kg. Secara umum, penguin yang berukuran besar lebih dapat mempertahankan suhu tubuhnya sehingga dapat bertahan di daerah dingin, sementara penguin yang berukuran lebih kecil biasanya ditemukan di daerah yang lebih hangat bahkan daerah tropis.

4. Setiap penguin memiliki warna putih di sebelah dalam tubuhnya dan warna gelap (biasanya hitam) di sebelah luar tubuh. Hal ini berguna untuk kamuflase. Hewan pemangsa seperti singa laut dari dalam air akan sulit untuk melihat penguin karena perutnya yang berwarna putih bercampur dengan pantulan permukaan air laut. Sedangkan permukaan gelap pada punggungnya juga menyamarkan penguin dari pandangan hewan pemangsa di atas air.

5. Penguin mampu berenang dengan kecepatan 6 hingga 12 km/jam bahkan pernah tercatat hingga 27km/jam. Penguin yang berukuran kecil biasanya menyelam selama satu hingga dua menit dari permukaan air untuk menangkap makanan. Penguin yang berukuran lebih besar, yaitu penguin emperor bisa menyelam lebih dalam hingga 565 meter selama 20 menit. (Musuh pinguin biasanya singa laut, hayo tebak yg menang siapa kalo pinguin balapan berenang sama singa laut?😀 )

6. Untuk menghemat energi, kadang-kadang penguin berjalan dengan kaki pendeknya atau meluncur di salju dengan perutnya. (meluncuurrrr..)

Beberapa foto pinguin =>>>

so sweet yaaa :’)

lucuuuukk :*

yang anget yang anget :3

meluncuuurrrrrr.. :))))

Dan yang terakhir..

aaaah lucu, pengen punya apapun yang berhubungan dengan pororo, bonekanya masih jarang ya disiniiii -___-

Sumber: (1) (2)

Gambar: (1) (2) (3) (4) (5) (6)

1 Response to "Tentang Penguin"

hai.. aku juga pecinta pinguin dari kecil. Koleksiku uda banyak sampe rumahku penuh hiasan pinguin. Sejak merit aku hanya bawa beberapa, sisanya masih di rumah ibuku. Aku juga sedang cari Pororo, langka ya… goodluck hunting for both of us!🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kalender

Mei 2012
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Universitas Gunadarma

RSS Berita Gunadarma

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Twiwiiit

Goodreads

%d blogger menyukai ini: