dita's Blog

Si Hitam-hitam yang Menyehatkan

Posted on: Januari 8, 2012

SEORANG profesor makanan kimia Cy Lee, PhD di Cornell University di Ithaca, New York, mengatakan bahwa jenis bahan makanan dan buah-buahan hitam yang berasal dari anthocyanin sebenarnya mengandung pigmen tumbuhan yang dapat membantu menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan kanker. Berikut jenis-jenis si hitam yang memiliki manfaat manis yang dikutip dariHealth.com.

1. Beras hitam
Beras hitam merupakan sumber karbohidrat yang lebih baik daripada beras putih. Dikutip dari Louisiana State University Agricultural Center, kandungan vitamin E yang tinggi dari beras hitam dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu beras hitam  juga mengandung banyak antosianin dan antioksidan.

2. Blackberry
Buah berwarna hitam yang satu ini makin memikat hati. Human Nutrition Research Center on Aging di Boston mengatakan bahwa polifenol yang terdapat dalam blackberi dapat membantu memperbaiki sel-sel yang merusak fungsi otak pada orang yang berusia lanjut. Kandungan serat yang melimpah juga menjadi incaran banyak orang. Dalam 25 gram blackberi, Anda akan mendapatkan asupan serat perhari yang lebih dari cukup.

3. Lentil hitam
Banyak yang belum mengetahui jenis kacang-kacangan berwarna hitam yang satu ini. Dalam bentuknya yang kecil, lentil memiliki segudang manfaat, salah satu penelitian di University of Illinois mengatakan bahwa lentil memiliki kandungan serat tinggi yang tidak hanya menurunkan kolesterol tetapi juga meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Selain itu lentil juga menyumbang folat dan vitamin B1.

4. Kacang hitam
Sebuah penelitian dari Cornell University mengungkapkan, warna gelap yang dimiliki kacang hitam, melindungi tubuh terhadap serangan kanker melalui kandungan nutrisi bioflavonoid yang dimilikinya.

5. Kedelai hitam
Sebuah studi di Korea meyebutkan bahwa memakan kedelai hitam dapat membantu menyeimbangkan jumlah trombosit dalam tubuh, bahkan lebih baik dari jenis kedelai lainnya seperti kedelai kuning  dan hijau. Selain itu dalam minyak kedelai terdapat asam alpha linolenic, sejenis asam lemak omega 3 yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

6. Teh hitam
Tidak hanya teh hijau yang memiliki sejuta manfaat bagi kebugaran tubuh. Namun ternyata jenis teh hitam seperti yang diteliti oleh Rutgers University di New Jersey, menunjukkan manfaat bagi kesehatan. Antara lain kandungan theaflavin antioksidan  dapat meningkatkan pemulihan dari sakit otot setelah latihan yang intens. Hal positif lainnya, meminum teh hitam juga dapat menurunkan risiko penyakit serangan jantung.

 

Sumber: disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kalender

Januari 2012
S S R K J S M
« Nov   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Universitas Gunadarma

RSS Berita Gunadarma

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Twiwiiit

Goodreads

%d blogger menyukai ini: