dita's Blog

Kopi Kurangi Risiko Kanker Endometrium

Posted on: Januari 8, 2012

MENGONSUMSI segelas kopi telah menjadi bagian dari gaya hidup. Hal tersebut menjadi alasan banyak bermunculannya kedai yang khusus menghadirkan suguhan kopi, baik skala kaki lima di pinggir jalan hingga jajaran cafe kelas atas.

Namun sebenarnya kopi bukan hanya soal kegemaran dan gaya hidup, sebuah studi baru menemukan bahwa mengonsumsi kopi jangka pangjang dapat membantu mengurangi risiko kanker endometrium yang dikenal dengan tumbuhnya jaringan atau selaput lender rahim di luar rahim.

Menurut sang peneliti Edward Giovannucci, MD, Sc.D., profesor gizi dan epidemiologi di Harvard School of Public Health, kopi muncul sebagai agen pelindung pada kanker yang terkait dengan obesitas, estrogen dan insulin.
“Minum lebih dari empat cangkir kopi tanpa kafein per hari dikaitkan dengan 25 persen penurunan risiko untuk kanker endometrium,” kata Giovannucci.

Dalam Studi Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention, sebuah jurnal dari American Association for Cancer Research, sebanyak 67.470 orang perempuan, penikmat kopi tanpa kafein mengalami penurunan risiko kanker endomitrium dalam tahun-tahun terakhir.

Temuan tersebut diperkuat dalam penelitian yang dikutip dari Times of India bahwa kopi tanpa kafein, jika diminum lebih dari dua cangkir per hari membantu penurunan risiko kanker endometrium sebesar 22 persen.

 

Sumber: disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kalender

Januari 2012
S S R K J S M
« Nov   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Universitas Gunadarma

RSS Berita Gunadarma

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Twiwiiit

Goodreads

%d blogger menyukai ini: