dita's Blog

Kantong Mata Besar Pertanda Apa?

Posted on: April 19, 2011

Bagi yang sangat memperhatikan penampilan, kantong mata yang bengkak dan menghitam tentu sangat mengganggu. Lain halnya saat seseorang butuh pencitraan, kantong mata justru bisa memberi kesan sebagai pekerja keras yang tak kenal lelah.

Kantong mata atau lingkaran hitam di sekitar mata selama ini selalu identik dengan orang yang sering kerja larut malam sehingga kurang tidur. Padahal kantong mata tak hanya disebabkan karena hal itu, ada beberapa penyakit dan kondisi yang bisa menyebabkan kantong mata.

Pemicu utama terbentuknya kantong mata adalah faktor penuaan, penumpukan cairan dan beberapa penyakit.

Berikut beberapa penyebab terbentuknya kantong di bawah mata, seperti dilansir darkcirclesgone dan darkcircles.net, Kamis (3/3/2011), yaitu:

1. Gangguan ginjal
Daerah lembut yang ada di bawah mata berhubungan langsung dengan ginjal (area langsung yang berhubungan dengan usus besar atau usus besar). Dalam beberapa kasus, kantong di bawah mata adalah tanda masalah ginjal.

Tanda-tanda lain seperti perubahan frekuensi buang air kecil atau perubahan tampilan urine, pembengkakan di pergelangan kaki, wajah, kaki, dan tangan, kelelahan, ruam gatal atau kulit, rasa tidak enak di mulut, pusing dan sulit berkonsentrasi, perasaan terus-menerus dingin, serta nyeri di kaki dan panggul.

2. Hipotiroid (kurangnya kadar tirod tubuh)
Kadar tiroid lambat mempengaruhi 2 dari 100 wanita atau 2 persen dari populasi wanita. Jika Anda mengalami kelelahan, sulit berkonsentrasi, penurunan berat badan, sensitif cuaca dingin, kelemahan otot atau kram otot, kulit kering dan rambut tipis, sakit saat haid, nadi lambat dan membengkak jaringan, ini pertanda kadar tiroid di tubuh rendah dan juga dapat menyebabkan kantong di bawah mata.

3. Retensi cairan
Terlalu banyak minum sebelum tidur atau makan makanan yang asin dapat menyebabkan terjadinya retensi cairan di tubuh. Retensi air bisa menyebabkan kantong di mata yang biasanya terjadi saat tidur malam.

4. Masalah di hati
Kantong di mata juga bisa menandakan adanya gangguan di hati, terutama jika disertai keluarnya keringat di sekitar mata.

5. Reaksi alergi
Kantong di bawah mata juga bisa disebabkan reaksi alergi. Mungkin Anda alergi terhadap makanan atau bulu dari bawah bantal. Perubahan hormon saat menstruasi juga menyebabkan kantong mata.

6. Penuaan
Penuaan dapat menyebabkan terbentuk kantong mata. Penuaan menyebabkan kulit di sekitar mata menjadi lebih tipis dan elastisitasnya melemah, menyebabkan lemak menonjol keluar.

Sumber: health.detik.com

2 Tanggapan to "Kantong Mata Besar Pertanda Apa?"

Anak saya berusia 3,5 thn, berat badan 21kg, baru beberapa bulan ini dia saya perhaitakan disekitar bawah mata nya selalu mengeluarkan keringat. Setelah saya baca tentang kantong mata besar pertanda apa? saya liat ada salah satu nya ada masalah di hati. Yang saya mau tanya kan apa itu salah satu penyebabnya? atau ada sebab yang lain? terima kasih atas jawaban nya.

untuk lebih jelas dan pastinya mungkin mba mega bisa langsung tanyakan ke yang ahli😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kalender

April 2011
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Universitas Gunadarma

RSS Berita Gunadarma

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Twiwiiit

Goodreads

%d blogger menyukai ini: